Gambaran Modal Awal Usaha Ternak Ayam Kampung

Lintas TernakBerapa Modal Awal Untuk Usaha Ternak Ayam Kampung ? Terun kedalam dunia usaha khususnya sektor ternak memang sangat mengasyikkan,salah satunya usaha ayam kampung.Peluang usaha ternak ayam kampung masih terbuka lebar dan mempunyai prospek yang bagus.Seperti yang anda ketahui kebutuhan akan daging dan telur ayam kampung dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan.Ada sebagian kalangan menyebutkan bahwa ayam kampung tidak cocok untuk dijadikan bisnis,dikarenakan pertumbuhannya yang relatif lama.Mungkin pada jaman dahulu pendapat tersebut ada benarnya,namun jaman sudah berubah pertumbuhan ayam kampung dapat lebih cepat dengan metode yang bagus.

Sebelum anda memulai bisnis ayam kampung,maka harus menentukan konsep tujuan anda menjalankan bisnis tersebut.Usahakan anda menjalankan usaha sesuai dengan permintaan pasar dan target pasar yang sesuai dengan bisnis yang anda jalankan.Contohnya jika permintaan pasar membuthkan daging ayam kampung,maka sebaiknya anda beternak ayam kampung pedaging dan begitu juga sebaliknya.Hal itu bertujuan agar usaha anda tetap lancar dan pemasarannya juga mudah.Selain itu sebelum memulai usaha ternak ayam kampung,anda harus memperhatikan beberapa hal seperti managemen,pemeliharaan dan tata kelola yang benar.Selain itu budidaya ayam kampung secara intensif adalah salah satu kunci sukses dalam menjalankan bisnis tersebut.

Analisa Modal Dalam Memulai Usaha Ternak Ayam Kampung

Langkah-langkah Dalam Menjalankan Bisnis Ayam Kampung


1.Niat Dengan Sunguh-sungguh

Apabila anda ingin menjalankan bisnis apapun,baik dalam sektor peternakan maupun yang lainnya,anda harus mengumpulkan niat terlebih dahulu agar hati dan keyakinan anda saat menjalankan usaha tersebut bisa berjalan lancar.

2.Pemilihan Bibit Unggul

Pemilihan bibit yang unggul dalam usaha ternak ayam kampung memang menjadi salah satu faktor penting yang harus anda perhatikan.Ciri bibit yang bagus tegap,mata bersinar,bulu mengkilap,bersih dll.Jika tujuan anda beternak untuk diambil dagingnya ,sebaiknya pilih bibit ayam dari keturunan yang tubuhnya besar dengan pertumbuhan cepat.Untuk penetasan bibit haruslah tepat waktu yaitu 21 hari.

3.Pakan

Untuk pemberian pakan ayam kampung pedaging sangatlah mudah ,jika dibandingkan dengan ayam lainnya.Bahan pakan yang dibutuhkan adalah konsentrat, dedak dan jagung. Yang penting yang harus diperhatikan adalah kebutuhan nutrisi untuk ayam, yaitu protein (PK) sebesar 12% dan energi metabolis (EM) sebesar 2500 Kkal/kg. Selain itu jumlah pakan yang diberikan harus disesuaikan dengan usia ayam itu sendiri, seperti berikut ini :

Umur 1 minggu 7 gram/per hari
Umur 2 minggu 19 gram/per hari
Umur 3 minggu 34 gram/per hari
Umur 4 minggu 47 gram/per hari
Umur 5 minggu 58 gram/per hari
Umur 6 minggu 66 gram/per hari
Umur 7 minggu 72 gram/per hari
Umur 8 minggu 74 gram/per hari

Selain memperhatikan bibit dan pakan ,anda juga harus memperhatikan kebersihan dan jenis kandang,pemeliharaan yang bagus dan penanganan terhadap penyakit.Untuk itu perhatikan selalu kebersihan kandang dan pemberikanlah vaksin beserta vitamin yang cukup pada ayam.

Gambaran Perkiraan Modal Usaha Ternak Ayam Kampung


Silahkan perhatikan perhitungan usaha ternak ayam kampung dibawah ini :

Bibit ayam Kmapung ==> Rp.5.000 x 100 ekor Rp.500.000
Pakan ====> 0 - 60 hari 4 sak Rp.250.000 x 4 sak + Rp.1.000.000
Vitamin dan vaksin Rp.100.000
Total Rp.1.600.000

Keterangan : Untuk harga vaksin dan bibit sesuaikan dengan daerah masing-masing.Contoh diatas belum termasuk biaya kandang dan peralatan lainnya.

Demikianlah Perkiraan Modal Awal Dalam Usaha Ternak Ayam Kampung.Artikel diatashanyalah gambaran berapa modal yang harus anda keluarkan untuk menjalankan bisnis ayam kampung.Setiap orang pastinya berbeda karena dipengaruhi oleh berapa kapasitas ayam yang akan dipelihara.Selain itu pembuatan kandang sederhana maupun modern juga akan memakan biaya yang berbeda.Menurut saya peluang usaha ini sangat cocok bagi anda yang tinggal di Desa.Semoga bermanfaat.Terima kasih.
.
.

0 Response to "Gambaran Modal Awal Usaha Ternak Ayam Kampung"

Posting Komentar