Batasan dan Tata Cara Pemberian Pakan Ayam Kampung yang Baik dan Benar

Lintas Ternak Batasan dan Tata Cara Pemberian Pakan Ayam Kampung yang Baik dan Benar - Ayam kampung memang banyak dikembangkan oleh para peternak baik ayam kampung pedaging maupun ayam kampung petelur.Kedua aspek tersebut memang menhasilkan pasif income yang menggiurkan jika dilakukan dengan sungguh-sungguh.Dalam pembesaran ayam-ayam kampung tersebut tentu anda harus memeliharanya dengan baik.Agar ayam tumbuh dan berkembang dengan sehat,anda harus memberikan pakan yang banyak mengandung gizi dan nutrisi.Selain itu anda harus selalu waspada terhadap penyakit yang selalu mengancam ayam-ayam yang anda ternak.

Banyak para pemula yang masih banyak melakukan secara asal-asalan saat memberi pakan pada ayamnya.Padahal belum tentu pakan yang anda berikan higienis dan kondisi anda juga belum tentu bersih.Hal ini bisa memacu penyakit dengan mudah menyerang ayam anda.Jika ayam yang anda ternak terserang penyakit tentu harus diobati bahkan bisa terjadi kematian.Untuk itu admin akan memberikan beberapa Tips Dalam Pemberian Pakan Ayam Kampung Dengan Benar Agar Terhindar Dari Penyakit.Perhatikan dibawah ini :

Tata Cara Pemberian Pakan Ayam Kampung Agar Terhindar Dari Penyakit

Cara Memberikan Pakan Ayam Kampung Sesuai Dengan Porsinya

1.Berikan pakan sesuai dengan porsi kebutuhan perharinya

Pemberian makan yang terlalu berlebihan juga tidak baik untuk perkembangan ayam anda.Jka terlalu banyak akan menurunkan nafsu makan pada keesokan harinya.Jadikan berikan makan sesuai dengan porsinya.

2.Berilah Pakan ¾ dari batas ketinggian tempat pakan

Ingat jika anda memberikan pakan terlalu penuh dapat membuat pakan tumpah dan terbuang sia-sia.Hal ini tentu akan membuat anda boros dan meningkatkan biaya pembelian pakan.

3.Berikanlah selalu pakan bersih setiap harinya

Berikan pakan yang masih fresh setiap harinya.Hindari pemberian pakan yang sudah berbau dan berjamur.Pakan tersebut bisa menyebabkan menurnkan nafsu makan ayam,menimbulkan penyakit dll.

4.Berikanlah pakan sesuai nutrisi yang dibutuhkan

Pemberian pakan yang mengandung banyak nutrisi akan mempercepat waktu pemeliharaan.

5.Sikap Peternak

Salah kunci keberhasilan dalam ternak ayam kampung adalah sikap dari peternak.Misalnya saat memberikan pakan pada ayam harus santai dan jangan tergesa-gesa,jika peternak dalam kondisi sakit pakailah masker,berikan pakan pada pagi dan siang hari atau anda bisa berikan 3 x sehari,buatlah jadwal untuk pemberian pakan ayam dan jangan sampai telat.Anda bisa melihat perut ayam.

6.Berikan Ransum pakan sesuai dengan jenisnya

Pakan ayam dibedakan menurut fungsi,bentuk dan umurnya.Adapun jenis pakan ayam kampung dapat and lihat pada jenis pakan ayam kampung berdasarkan umur dan pakan ayam kampung berdasarkan bentuknya.
Selain tata cara pemberian pakan ayam kampung diatas,sekarang kita bahas batasan pmeberian pakan dan minum pada ayam kampung.

Batasan Penggunaan Pakan Ayam

Dalam penggunaan bahan pakan tertutama untuk unggas perlu kiat khusus untuk memanagemen pemberiannya. Bahan pakan terlalu berlebihan akan berakibat buruk pada ayam kampung. Peternak sering mengesampingkan batasan penggunaan bahan pakan ayam dengan alasan biaya dan ketersediaan. Kita ambil contoh penggunaan bekatul seharusnya maksimum penggunaan 29% dari total yang diberikan perharinya. Sekarang mengapa kita memerlukan batasan maksimal pemberian pakan mencapai 29%? Jawabannya adalah untuk mencukupi kebutuhan nutrisi untuk ayam pada bidang yang lain. Sementara alasan lain adalah tidak menimbulkan dampak yang negatif pada ayam. Misal bekatul , jika kita memberikan lebih dari 30% maka akibatnya adalah rontok bulu yang berlebihan.

Konsumsi Pakan dan Air Minum


1.    Pakan yang sering diperoleh di lahan umbaran terdiri dari sisa-sisa bijian seperti gabah, beras, jagung, nasi bekas, serangga, cacing, kodok, rumput. Adapun yang biasa diberikan hanyalah sisa-sisa dapur dan kalau ada diberi seduhan dedak padi halus bercampur menir.
2.    Air minumpun untuk sistem pemeliharaan umbaran praktis tidak pernah disediakan, karena ayam-ayam dapat mencari sendiri sesuai dengan kebutuhan. Penyediaan air tawar bersih disekitar kandang sangat dianjurkan terutama pada cuaca terik.

3.    Ayam-ayam yang diumbar biasanya tidak pernah diberi pakan khusus  karena diharapkan pakan diperoleh dari sekitar lahan umbaran, namun apabila ada modal, pemberian pakan sederhana di pagi hari sangat baik.

Pada umumnya tempat minum yang digunakan masa pemeliharaan awal adalah tempat minum yang terbuat dari plastik. Ada berbagai ukuran tempat minum berbentuk tabung yang terbuat dari plastik, yang biasa digunakan dalam pemeliharaan anak ayam sekaligus pemeliharaan masa remaja.Diantaraya :

a.)Tempat minum berukuran 1,25 liter cukup untuk 20 ekor anakan ayam
b.)Tempat minum berukuran 1 galon,cukup untuk 100 ekor anak ayam umur 1 – 10 hari.
c.)Tempat minum berukuran 1 liter ,cukup untuk anakan ayam 15 ekor

Acara rutin pada setiap pagi, adalah membersihkan tempat pakan dari sisa-sisa makanan yang kotor dan mencuci tempat minum. Setiap hari, tempat minum dicuci dan air minum diganti, sebab kadang-kadang kotor oleh makanan atau kotoran. Apalagi pada anak ayam yang dipelihara pada lantai litter, tempat makan dan air minum akan lebih cepat menjadi kotor akibat percikan kotoran melalui sekam.Biasanya ayam mengkonsumsi air sebanyak 2 – 2,5 gram air untuk setiap pakan yang dikonsumsi selama masa awal dan pertumbuhan. Pada masa bertelur (petelur), ayam meminum sebanyak 1,5 – 2 gram air untuk setiap gram pakan yang dikonsumsi. Karena rata-rata ransum ayam yang diberikan mengandung tidak lebih dari 10% air maka penyediaan air minum yang bersih mutlak diberikan secara ad libitum.

Demikianlah Batas Konsumsi Pakan,Air Minum dan Tata Cara Pemberian Pakan AyamKampung Benar Agar Terhindar Dari Serangan Penyakit.Pada dasarnya yang paling utama dalam menjalankan bisnis ayam kampung adalah kualitas daging ayam.Sudah selayaknya anda berikan pakan yang baik,benar,dan terkucupi kebutuhan gizi dan nutrisinya.Hal tersebt dilakukan agar tercapai bisnis yang anda jalankan.Semoga bermanfaat.
.
.

0 Response to "Batasan dan Tata Cara Pemberian Pakan Ayam Kampung yang Baik dan Benar"

Posting Komentar